Mengenai Saya

Foto Saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Kami juga rindu bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, dll, silahkan SMS ke Hotline: 081 222 40 2012 / e-mail: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Selasa, 16 Juli 2013

MENIKMATI YANG MENJADI BAGIANKU - Pdt. Herman Santoso

Nas Alkitab : 
Amsal 30:7-9, "Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni: Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagiankuSupaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku."

Ayat 1, pasal ini ditulis oleh Agus bin Yake dari Masa. Dari tafsiran para ahli, ia adalah orang terpelajar yang mempelajari banyak hal dalam kehidupan. Pasal-ini adalah kesimpulan dari pembelajarannya.


Nasihat bijaksana ini diberikan untuk kita pelajari dan pahami.

Ia minta 2 hal kepada Tuhan, permintaan yang tidak mungkin ditolak oleh Tuhan, 

1. Jauhkanlah daripadaku KECURANGAN dan KEBOHONGAN = ia minta hidup JUJUR, BENAR, BERINTEGRITAS 

Ada 3 Alasan mengapa ia berdoa demikian:

A. Supaya ia bisa menikmati hidup dan hidup dalam ketenangan

Yesaya 32:17, "Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya."

B. Kebohongan dan kecurangan cepat atau lambat pasti terbongkar


Sepandai-pandainya anda menyimpan bangkai, cepat lambat pasti ketahuan.

Sebaliknya kebenaran itu tidak perlu dibela, suatu ketika kebenaran itu pasti muncul. Tuhan yang membela kita.

C. Iblis adalah Bapa segala dusta 

Yohanes 8:44, "Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta."

Sekalipun anda ngaku diri anda anak Tuhan, pelayan Tuhan, bahkan pendeta sekalipun, tapi kalau suka dusta, anda berarti anaknya iblis.


Matius 5:37, "Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat."

2. Jauhkanlah daripadaku kekayaan dan kemiskinan

Mengapa?

Amsal 30:9,  "Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku."
  • Mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
  • Pakai nama Tuhan untuk menipu dan Mencemarkan nama Tuhan
  • Orang kaya sering terjebak dengan kesombongan dan melupakan Tuhan

Hosea 13:6, "Ketika mereka makan rumput, maka mereka kenyang; setelah mereka kenyang, maka hati mereka meninggi; itulah sebabnya mereka melupakan Aku."
  • Orang kaya sangat sukar masuk Surga
Matius 19:23, "Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga."

Sadarilah keberadaan kita adalah berkat Tuhan semata.


Siapa yang ingin menjadi kaya?

1 Timotius 6:9-10, "Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka."



Apakah anak Tuhan tidak boleh menjadi kaya? Boleh. Abraham itu sangat kaya. Tapi ada acaranya.

Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku, jadi yang boleh kita nikmati, adalah yang menjadi JATAH (BAGIAN) kita.
  • Bagian Kita = Nikmati
  • Bagian Tuhan = Kembalikan
  • Bagian Orang lain = Jangan diambil, jangan ikut campur
Berkat yang menjadi bagianku:
  • Setiap orang memiliki Jatahnya masing-masing
  • pas
  • cocok
  • tidak menyusahkan
  • my daily bread
Bagiannya Tuhan harus dikembalikan kepada Tuhan (persepuluhan).

Inilah mengapa orang kaya sukar masuk Surga, kalau anda penghasilan 2 juta, Persepuluhan berapa ? 200ribu. Tapi kalau penghasilan 20 Milyar? Persepuluhannya 2 Milyar, kembalikan tidak?

Suami Istri nikmati bagianmu, pasanganmu, jangan iri dengan milik orang lain. Humor: makan di kaki lima atau hotel bintang lima nanti pas keluarnya sama saja, yang penting selalu makan di pinggir jalan, jangan di tengah jalan, hati-hati tertabrak. Kalau jatah (gaji) per bulan masih kecil, nikmati kalau memang saat ini masih bagianmu, setialah.

Bagian / jatah kita bisa meningkat? Bisa
Bagian / jatah kita bisa habis? Bisa
Apa yang menentukan?

Amsal 28:20, Orang yang DAPAT DIPERCAYA (hidup jujur, benar, tidak ada kecurangan) mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat kaya, tidak akan luput dari hukuman.

Jadilah ORANG KEPERCAYAANNYA TUHAN :)

Tuhan Yesus Memberkati.

GBI Kalam Hidup, Bandung
Khotbah Minggu, 7 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar