Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Jumat, 16 Oktober 2015

Perbedaan Jalan Tuhan vs Perbuatan Tuhan - Pdt. David Tjakra Wisaksana


Mazmur 103:7, "Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-kepada orang Israel."


Ibrani 3:10, "janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun, di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya. Itulah sebabnya AKu murka kepada angkatan itu dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku"

(Bangsa Israel telah melihat perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib, seperti Laut Teberau terbelah dua, air yang pahit menjadi manis, mujizat-mujizat, namun mereka tidak mengenal jalan Tuhan).

Jalan Tuhan membawa orang percaya menuju keselamatan.

Jalan Tuhan adalah jalan yang tidak terlalu enak, tapi membawa kita sampai ke surga nanti.


Mengejar Perbuatan Tuhan tidak akan membawa keselamatan.

Kejarlah Jalan Tuhan, maka perbuatan-perbuatan Tuhan pasti akan menyertai. Kejarlah dan lakukan kehendak Tuhan dalam hidup kita, maka pasti penyertaan dan perbuatan-perbuatanNya yang ajaib dinyatakan dalam hidup kita.



Sub Judul : Syarat untuk Memperoleh Pemeliharaan-Nya

Ulangan 8:2
Bacalah jangan terlalu cepat, yang berakibat kita tidak memperhatikan kata demi kata dan melewatkan perintah-perintah Tuhan.

"Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintahNya atau tidak."

Seluruh perjalanan kehendak Allah, renungkanlah Firman Tuhan siang dan malam, artinya diulang ulang ulang.

Tahun ini adalah tahun Ayin Vav 5776, dimana kita harus mengencangkan patok-patok kita. 

Kehendak TUHAN adalah ketetapan kita.

Syarat untuk memperoleh pemeliharaan-Nya:

1. Melakukan kehendak Allah

Yohanes 4:34, "Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya."

1 Korintus 10:11-12, "Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba. Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!"


Galatia 5:13, "Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih."

2. Jadikanlah ibadah sebagai gaya hidup kita

Kolose 3:23-24, "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."

Saat kita tidak melakukan ibadah dengan benar, seringkali kita keluar dari kehendak Bapa.

Kolose 3:25 sebagai peringatan bagi semua, "Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang."

Taruh kehendak Tuhan di atas kehendak kita.

Ulangan 29:5, "Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan kasutmu tidak menjadi rusak di kakimu."

Ulangan 8:2, Tuhan mau kita:

1. MERENDAHKAN HATI MESKIPUN MELALUI PROSES YANG TIDAK ENAK , tapi ini kehendak Tuhan

Mazmur 25:9, "Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati."

Hukum perintah-perintah Tuhan adalah baik bagi kita, membawa kita menjadi orang-orang yang rendah hati. 

10 Perintah Allah yang digenapi dalam 2 hukum utama, kasihi Tuhan dan sesama.

2. PERHATIKAN SIKAP HATI KITA

Untuk menjadi besar ada proses ujian hati.

Waktu dipakai Tuhan, merasa hebat, padahal itu adalah anugerah Tuhan,
awalnya tulus, lalu akhirnya melenceng, Tuhan tidak menghendakinya.

Lagu:
Ujilah aku Tuhan, cobalah aku
Selidiki hatiku dan batinku Tuhan
Mataku tertuju padaMu
Aku cinta padaMu Tuhan
Aku rindu hadiratMu Tuhan
Aku ingin selalu dekat padaMu
Menikmati kehadiranMu

Kunyanyi Hossana bagi Rajaku yang duduk di tahta
Aku muliakan dan kuagungkan, Kau layak di puji

3. MENAATI HUKUM DAN PERINTAH ALLAH

APAKAH KITA BERPEGANG PADA PERINTAH TUHAN ATAU TIDAK 

Banyak orang tidak lagi berpegang pada perintah Tuhan begitu dia diberkati.

Berpegang artinya mengasihi Dia.

2 Yohanes 1:6, "Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya."

Yesaya 48:17-19, "Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah-limpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, maka keturunanmu akan seperti pasir dan anak cucumu seperti kersik banyaknya: nama mereka tidak akan dilenyapkan atau ditiadakan dari hadapan-Ku."

Kesimpulan, Syarat untuk memperoleh pemeliharaan-Nya : 
1. Merendahkan hati 
2. Perhatikan sikap hati (Jaga hati)
3. Menaati hukum dan perintah Allah

Apa yang membuat manusia Adam jatuh ke dalam dosa? Dosa ketidaktaatan.

Tuhan Yesus taat kepada seluruh kehendak Bapa sehingga Ia kembali lagi kepada Bapa.

Waktu engkau taat engkau dilepaskan dari segala kutuk.

Jangan sampai engkau habis-habisan baru taat, tapi saat ini, saat engkau diberkati engkau Taat.

Salah satu Kunci kehendak Tuhan yang harus kita lakukan agar kita mengalami pemeliharaan TUHAN, Maleakhi 3:10-11, "Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

Lagu:
Yesus kuangkat hatiku ke hadapanMu
Yesus kupersembahkan hidupku kepadaMU
Bawaku berjalan di dalam kebenaranMu
Ajarku lebih mengenal rencanaMu kepadaku

S'bab Engkauah kebenaranku
S'bab Engkaulah perlindunganku
Kekuatanku dan hidupku

Di dalam jalan Tuhan ada perbuatan Tuhan. Supaya kita jangan jatuh saat diberkati, melainkan semakin teguh dalam Tuhan dan menjadi berkat.

Tuhan Yesus Memberkati.

Khotbah Minggu, 11 Oktober 2015
GBI Baranangsiang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar