Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Jumat, 04 Maret 2016

Walk With God - Pdt. Welyar Kauntu



Kejadian 5:22-24, "Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah."

Henokh adalah orang pertama di dalam Alkitab yang mengalami pengangkatan (rapture), ia dikatakan berjalan dengan Allah, walk with God, sehingga ia diangkat Tuhan. Kalau kita sungguh-sungguh dalam Tuhan, kitapun akan diangkat Tuhan.

Apa yang membuat hidup Henokh berubah? 

Ketika ia berumur 65 tahun, ia mempunyai anak yang bernama Metusalah, dan sejak itu 300 tahun ke depan hidupnya ia bergaul dengan Allah.

Bangsa Israel kalau kasih nama anak pasti ada artinya, nama Metusalah hanya 1x di Alkitab, artinya "Allah akan menghukum bumi karena dosa kejahatan manusia".

Pada waktu itu ia belum tahu apa hukuman yang akan terjadi, tapi ia beri nama anaknya Metusalah dan sejak itu hidupnya berubah.

Metusalah umurnya terpanjang dalam Alkitab, 900 tahun lebih. Metusalah punya anak Lamekh, Lamekh mempunyai anak Nuh, waktu Nuh berumur 600 tahun air bah melanda bumi. Pada tahun matinya Metusalah, air bah melanda bumi. Ini tidak kebetulan.

Waktu kedatangan Tuhan Yesus sudah singkat, banyak yang tidak percaya dan mencibir berkata itu hanya dongeng semata-mata, sama seperti zaman Nuh, ketika yang dinubuatkan terjadi, tidak ada waktu untuk berbalik kembali, sama juga dengan 5 gadis yang bodoh dalam Alkitab. 

Biarlah setiap kita ketika dengar ini mengambil respon yang sama dengan Metusalah ketika mendengar kabar penghukuman bumi. Berubah, walk with God.

Lagu:
Bila ENGKAU tak besertaku, ku tak mau berjalan
Ku perlu TUHAN, pimpin langkahku
dengan kasih karunia-MU
Pimpin langkahku setiap waktu, berjalan dalam ROH-MU
Nyatakan TUHAN kemuliaanMU dan berjalanlah denganku

Ada hal-hal spesial yang Tuhan nyatakan bagi orang-orang yang berjalan dengan Tuhan. Siapa kita manusia sehingga kita boleh berjalan bersama Tuhan?

How to talk with God? (Bagaimana berbicara dengan TUHAN)
God is not men whom we can play with easily...! (Tuhan bukanlah manusia yang dapat kita permainkan)

Ia bukan manusia, sehingga kita bisa berjalan seenaknya. Ada lagu "I am a friend of God" (Saya teman TUHAN) dan menganggap kita bisa bermain-main dengan kesalahan, bergaul semau kita. Honor Him and Worship Him ! (Hormati Tuhan dan Sembahlah Dia ! )

Doa, Pujian dan Penyembahan adalah sarana kita bisa berkomunikasi dengan Allah, itulah sarana kita bisa berjalan bersama Tuhan.

Cara kita berjalan tergantung sepatu yang kita pakai. The way we walk depends on what kind of shoes we wear.

Kasihi Tuhan, sehingga mata kita bisa melihat

Lagu:

O soul, are you weary and troubled?
No light in the darkness you see?
There’s a light for a look at the Savior,
And life more abundant and free!

Refrain
Turn your eyes upon Jesus, (arahkan matamu kepada Yesus)
Look full in His wonderful face, (lihatlah penuh kepada wajahNya yang menakjubkan)
And the things of earth will grow strangely dim, (dan semua hal di dunia ini akan memudar)
In the light of His glory and grace. (dalam cahaya kemuliaan dan anugerahNya)
Through death into life everlasting, (lewat kematian ke dalam hidup kekal)
He passed, and we follow Him there; (Ia telah menang dan kita mengikuti Tuhan kesana)
Over us sin no more hath dominion— (Dosa tidak lagi memiliki kuasa atas kita)
For more than conquerors we are! (Kita lebih dari pada pemenang)

Refrain
His Word shall not fail you—He promised; (PerkataanNya tidak akan mengecewakanmu, Ia berjanji)
Believe Him, and all will be well: (Percayalah kepada Tuhan dan semua akan baik)
Then go to a world that is dying, (Lalu pergilah kepada dunia yang sedang sekarat)
His perfect salvation to tell! (Sampaikan kabar keselamatan sempurna dari Tuhan)

Refrain


(Hal-hal dunia yang dulu jd favorit sekarang meredup dibandingkan Tuhan)

Kuncinya mata kita tertuju kepada Tuhan, nanti hal-hal dunia tidak akan terlalu menarik lagi

Kalau kita jalan sama Tuhan, Tuhan dokter di atas segala dokter akan melihat kondisi hatimu sehat dan memberikan reward. Orang yang berjalan dengan Tuhan akan memiliki kehidupan rohani yang sehat. Tuhan akan rutin mengecek hati kita, biarlah kita tiap waktu didapati Tuhan bersih dan sehat hati kita.

Meski ga ngerti waktu baca Alkitab, baca aja, baca, nanti yang dulu kita ga ngerti, tiba-tiba jadi ngerti.

Orang yang kesukaannya Firman Tuhan, 2 kata, hidupnya berbahagia dan apa saja yang diperbuatnya berhasil.

W.W.J.D
What Would Jesus Do
(Kalau Tuhan Yesus diposisi kita, saat difitnah, dikecewakan, apa yang akan Tuhan Yesus lakukan? Kita meneladani Tuhan.

1 Petrus 2:21, "Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya."

Follow His steps (Ikuti Jejak Langkah TUHAN).

Waktu hiking, ber-7 dengan 1 guide (pemandu), hanya ada 1 senter yang masih berfungsi, ber-7 semua diikat dengan tali, guide berkata, follow my steps, apa yang saya injak, ikuti. Lainnya gelap tidak terlihat, percaya dan ikuti, taat saja.

= Kadang kita ga tahu apa yang harus kita lakukan, kita hanya percaya, dan ikuti Tuntunan Tuhan. Kalau taat pasti selamat. Ketaatan pasti membawa berkat. Ikuti tuntunan lewat Gembala kita. Percayalah.

Apa yang membuat langkah kita bisa berhenti?

Peter Jenkins, 1973
5000 miles across US in 5 years (berjalan 5000 miles melintasi US dalam 5 tahun)
Tantangannya sangat berat, ia harus melintasi salju, badai, bukit, dikejar binatang buas, lewati jalan raya. Justru tantangan membuatnya makin semangat untuk menyelesaikan. Yang membuat saya ingin berhenti justru "pasir di sepatu saya" (hal yang kecil, tidak diperhatikan, tapi lama-lama membuat luka) banyak orang berhenti dalam perjalanan rohaninya bukan hal yang berat, ketika ada mujizat justru makin semangat , tapi hal-hal kecil, perkataan intimidasi dari orang terdekat yang kita dengar, kekecewaan, kepahitan, iri hati, fitnah, di luar keliatan semuanya baik-baik, tapi ketika ga ada orang lain mereka menangis. Ada pasir dalam langkahmu, mungkin banyak diantara kita yang mengalami luka yang dalam, putus asa, tidak ada jalan lain, hanya Tuhan Yesus yang sanggup memulihkan.

Kita perlu minta kasih karunia Tuhan yang sanggup membalut, membersihkan, ketika Ia membasuh kaki murid-muridNya, Ia memulihkan segala luka yang dialami murid-muridNya yang ga dilihat orang lain, saya berdoa biarlah hari ini kita mengalami pemulihan seutuhnya dari Tuhan.

Lagu:
Selidiki aku lihat hatiku
apakah ku sungguh mengasihi-Mu Yesus 
Kau yg maha tau
Dan menilai hidupku
tak ada yg tersembunyi bagi-Mu

Reff:
T'lah kulihat kebaikan Mu
Yang tak pernah habis di hidupku
Ku berjuang sampai akhirnya
Kau dapati aku tetap setia


Tuhan Yesus Memberkati.

Khotbah Minggu, 28 Februari 2016
GBI Baranangsiang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar